Jakarta, CNN Indonesia

Setidaknya sepekan sebelum hari raya Idulfitri 2024, sudah 2 ribu lebih pemudik tinggalkan Jakarta menggunakan bus melalui Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, pada Rabu (3/4).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dishub Terminal Pulo Gebang, sekitar 2.153 penumpang telah berangkat dan 593 penumpang datang per Rabu (3/4).

Sedangkan ada 329 bus yang berangkat dan 195 yang datang dari berbagai daerah sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB hari yang sama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kenaikan jumlah pemudik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur diprediksi akan melonjak pada hari Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4).

Hal itu disampaikan Aiptu Doddy Irawan (48), salah satu polisi yang bertugas di Pos Pelayanan Terpadu Lebaran 2024 di Pulo Gebang.

“Kalau sekarang belum, diprakirakan hari Sabtu atau Minggu [pelonjakan jumlah penumpang], karena pegawai kan mulai libur di hari Jumat. Cuma yang penumpang yang agak meningkat ini yang arah Sumatra, Jawa belum,” jelasnya kepada CNNIndonesia.com di lokasi, Kamis (4/4).

Banyak warga Ibu kota yang memilih bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebagai transportasi mudik mereka tahun ini.

Selain karena harganya yang relatif terjangkau, aksesnya yang mudah dan banyaknya titik pemberhentian menjadi alasan para pemudik menggunakan jasa angkutan darat yang satu ini.

Hal itulah yang menjadi pertimbangan Ainun (32), seorang pemudik dari Bekasi yang hendak pulang ke Madura, Jawa Timur.

Ia yang mudik bersama suami dan anak-anaknya memang sengaja pulang kampung sebelum hari lebaran karena menunggu kedua anaknya libur sekolah.

“Nunggu anak libur sekolah [baru mudik], entar balik nunggu kalau anak udah masuk sekolah lagi,” jelasnya ketika ditemui CNNIndonesia.com di terminal Pulogebang.

(rst/kid)

[Gambas:Video CNN]







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *