Jakarta, CNN Indonesia

Kendaraan mengular menuju Pelabuhan Merak di ruas Tol Tangerang-Merak sejak Sabtu (6/4) pagi. Salah satu pemudik, Susi Awaliah (33) mengaku terjebak macet di Tol Tangerang-Merak hampir sembilan jam.

Total dia dan keluarga menghabiskan 11 jam perjalanan dari rumahnya di kawasan Serpong, Tangerang Selatan menuju Merak. Padahal di hari biasa, cukup 2 jam.

Susi mengaku mulai terjebak macet sejak pukul 07.00 WIB di Tol Tangerang menuju Pelabuhan Merak. Kendaraan bahkan sempat tidak bergerak sama sekali kurang lebih hampir dua jam di tengah-tengah tol.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jalan dari rumah itu sekitar jam setengah lima, terus kena macet di KM 96 pas jam 07.00 pagi. Bener-bener gerak sedikit-sedikit itu kendaraan,” kata Susi saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon.

Susi bahkan sempat beberapa kali turun dari mobil karena kendaraan yang benar-benar tidak bisa bergerak. Dia mengaku baru bisa masuk ke area pelabuhan sekitar pukul 15.30 WIB.

“Jadi ya kurang lebih hampir sembilan jam kena macet. Kita juga jadinya naik kapal gabungan, padahal beli reguler malah diarahkan ke eksekutif,” kata Susi.

Susi sendiri hendak mudik ke Sumatera Selatan bersama keluarganya. Kata dia, seharusnya dari rumahnya yang berada di kawasan Serpong ke Pelabuhan Merak bisa ditempuh hanya dalam waktu dua jam saja.

Dia juga mengaku kaget harus terjebak macet hingga sembilan jam di tol, bukan di pintu masuk pelabuhan. Sebab, biasanya para pemudik terkena macet ketika sudah memasuki pintu masuk pelabuhan.

“Biasanya kena macet pas antri mau masuk pelabuhan. Makanya ini rekor sih terlama selama aku mudik kena macet,” katanya.

Hari ini diperkirakan jadi puncak mudik Lebaran 2024. Di Pelabuhan Merak sendiri panjang kemacetan mencapai 9 km di ruas tol sebelum masuk pelabuhan. Padahal antisipasi sudah dilakukan diantaranya dengan sistem buffer zone dan sistem penundaan bagi kendaraan untuk menghindari penumpukan di pintu masuk pelabuhan.

(tst/sur)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *